cAnGgih

cAnGgih
Selamat Datang Di Dunia Blog Andje Dablonk

Sabtu, 09 Maret 2013

Tentang Teknologi Informatika


      1.    Pengertian Teknologi Informasi

Untuk mengetahui pengertian teknologi informasi terlebih dahulu kita harus mengerti pengertian dari teknologi dan informasi itu sendiri. Berikut ini pengertian teknologi dan informasi :

Teknologi adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya 

Informasi adalah hasil pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian/penataan dari sekelompok data yang mempunyai nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya 

Pengertian teknologi informasi menurut beberapa ahli teknologi informasi : 
1.  Teknologi Informasi adalah studi atau peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar 
2.  Teknologi Informasi  adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melaksanakan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi 
3.  Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (software & hardware) yang digunakan untuk memproses atau menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi 

4.  Teknologi Informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis 
5.  Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.

Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.

Teknologi yang memanfaatkan komputer sebagai perangkat utama untuk mengolah data menjadiinformasi yang bermanfaat.

      2.    Teknologi Informasi dan Komunikasi juga dapat menjadi pedoman kita dalam memanfaatkan dan menerapkan berbagai teknologi informasi yang berada disekitar kita secara efektif dan efisien, serta digunakan secara bijaksana dan positif.

     a.    Manfaat TIK di bidang agama
  1. Teknologi mendukung kegiatan dakwah dan syiar agama secara efisien dan mampu tersebar secara luas, yaitu melalui media informasiseperti televisi, radio, internet, e-book, video, dll.
  2. Teknologi mendukung fasilitas ibadah, sehingga mampu memberikan rasa nyaman.         
     b.    Manfaat TIK di bidang pendidikan
  1. Teknologi memfasilitasi kegiatan pendidikan, seperti : pembelajaran komputer, penggunaan internet, penggunaan presentasi dalam pengajaran, pendaftaran online, dll.
  2. Teknologi mendorong siswa atau mahasiswa untuk terus mengembangkan bakat diri sebagaimana bentuk adaptasi atas kemajuan teknologi, sehingga mampu menjadi lulusan yang

berpengetahuan luas serta siap menjalani kehidupan yang dikuasai oleh teknologi.

      c.    Manfaat TIK di bidang Bisnis / Kewirausahaan
  1. Teknologi memudahkan kegiatan pemasaran secara efisien dan hemat dana, namun mencakup masyarakat luas. Seperti penggunaan televisi, radio, hingga promosi online melalui internet.
  2. Teknologi memudahkan kegiatan transaksi seperti pembelian dan penjualan yang dewasa ini menggunakan media perbankan sebagai wadah aliran uang.
  3. Teknologi mendukung proses produksi sebagaimana kegiatan operasional perusahaan manufaktur yang banyak menggunakan mesin-mesin untuk  menghasilkan produk secara cepat, sehingga mampu menghemat waktu dan biaya.
Itulah sedikit manfaat yang dapat diperoleh atas kehadiran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Selain itu ada beberapa manfaat lain yang sering kita jumpai, diantaranya :
  • Keberadaan handphone sebagai media komunikasi jarak jauh
  • Peralatan-peralatan kedokteran yang mampu menunjang kesembuhan pasien
  • Penggunaan database di banyak instansi pemerintahan dan swasta yang menggunakan komputer
  • Keberadaan alat elektronik di dalam rumah kita
  • Alat transportasi yang memudahkan kita menjangkau tempat-tempat jauh
  • Serta berbagai manfaat lain yaang tidak dapat saya sebutkan satu per satu.
Sebagai manusia yang hidup di jaman yang serba menggunakan teknologi, tentu tidaklah dapat kita menghindari keberadaannya. Namun kita dapat memanfaatkannya untuk menunjang kehidupan kita agar lebih baik. Gunakanlah teknologi secara bijak, efisien, serta mampu memberikan dampak positif terhadap kita dan masyarakat luas.


      3.    Ada beberapa Layanan yang disediakan Internet :
WWW (World Wide Web)
Merupakan jenis layanan terbaru di internet yang memberikan layanan

tidak hanya dalam bentuk teks tetapi juga dalam bentuk multimedia sehingga orang akan merasa tertarik mengakses internet menggunakan layanan ini karena memberikan penyampaian informasi bervariasi.
FTP (File Transfer Protocol)
Jika kalian membutuhkan file-file yang tidak kalian miliki seperti file screen saver, file music, file tambahan lainnya. Kalian bisa mendownload (mengambil) file-file tersebut dengan mengunakan layanan ftp dengan secara gratis.
• Telnet
Dengan layanan ini dapat mengakses dari jarak jauh seakan-akan kalian berada ditempat sebuah server yang terhubung dengan komputer.
IRC (Internet Relay Chat)
Dengan layanan RC ini kalian bisa bincang-bincang langsung dengan orang
 laen melalui internet. Bentuk komunikasinya adalah mengetikan kalimat yang ingin anda sampaikan melalui dialog.

4.    Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer, adalah teknik komando/instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.
Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin komputer, bahasa pemrograman terdiri dari:
1.   Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110
2.   Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kodemnemonic), contohnya MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
3.   Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb.
4.   Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb.
Sebagian besar bahasa pemrograman digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Tinggi, hanya bahasa C yang digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Menengah dan Assembly yang merupakan Bahasa Tingkat Rendah

   5.    Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berujut suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupunsuatu konsep.
 Informasi merupakan hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi, ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu, dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya. Dalam hal ini, data bisa dianggap sebagai obyek dan informasi adalah suatu subyek yang bermanfaat bagi penerimanya. Informasi juga bisa disebut sebagai hasil pengolahan ataupun pemrosesan data.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar